Jumat, 25 November 2011

Makna Sebuah Kata Bagi Kita



Kata merupakan rangkaian dari beberapa huruf..... kata itu mempunyai banyak makna...... satu kata bisa mempunyai lebih dari 1 makna .... Makna makna kata tersebut kita simpulkan dari cara seseorang membacakan kata-kata tersebut serta diacara apa kata tersebut digunakan atau dipakai.

Kata yang sering kita pakai sehari-hari yang sering membingungkan adalah kata "tahu" tahu disini mempunyai 2 arti yaitu tahu untuk mengetahui dan tahu untuk sebutan makanan yang dibuat dari kedelai.....

Namun sering juga kita keliru dalam pemilihan-pemilihan kata yang kita gunakan sebagai jawaban dari pertanyaan seseorang apalagi jika kata-kata yang kita gunakan masih belum pasti maknanya.....

Setelah benar dalam pemilihan kata, kita masih harus benar dalam pembentukan kalimat. walaupun hanya beda imbuhan namun bisa berbeda sekali makna nya.... seperti kata "di-tinggal" dan Me-ninggal"  hanya beda imbuhan namun kita tahu itu arti nya sangat berbeda jauh.

Untuk itu kita sebaiknya berhati-hati dalam pengucapan kata-kata yang kita gunakan sehari-hari. Karena seperti yang kita ketahui di atas .... sebuah kata hanya beda imbuhan bisa memberikan makna berbeda. Apa lagi jika kata-kata yang kita gunakan, kita tidak mengetahui pasti artinya. Karena bisa-bisa membuat orang lain salah tanggap. Mungkin orang tersebut jadi marah atau pun reaksi lainnya yang bisa saja dan pasti akan merugikan kita. Walaupun penyebab nya hanya satu kata yang kita gunakan salah.

Selain itu kita juga haru tepat memilih kata dalam acara apa kata-kata itu kita gunakan. Seperti kata wafat dan meninggal ...... ke 2 kata itu penggunaannya harus sesuai dengan temapt dimana kita mengucapkannya. 


sekian yang dapat saya sampaikan dari pengalaman saya hari ini..


0 Comments :

Posting Komentar

 
;